UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, KETERSEDIAAN SARFAS DAN PERAN PERUSAHAAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN TANGGAP DARURAT BENCANA KEBAKARAN PADA PEKERJA DI PT.PURA BARUTAMA UNIT PAPER MILL 5/6/9 KUDUS TAHUN 2017

SHIFA, KURNIA ILMA (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, KETERSEDIAAN SARFAS DAN PERAN PERUSAHAAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN TANGGAP DARURAT BENCANA KEBAKARAN PADA PEKERJA DI PT.PURA BARUTAMA UNIT PAPER MILL 5/6/9 KUDUS TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Bencana kebakaran adalah terjadinya suatu reaksi kimia berupa oksidasi bersifat eksoterm diikuti adanya nyala api yang tidak terkendali serta berpotensi mengancam, mengganggu kehidupan masyarakat dalam keselamatan jiwa dan kerugian harta benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, ketersediaan sarfas dan dukungan perusahaan terhadap kesiapsiagaan tanggap darurat bencana kebakaran pada pekerja di PT Pura Barutama Unit Paper Mill 5/6/9 Kudus. Metode menggunakan kuantitatif, pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 46 responden dengan tehnik accidential sampling. Uji statistik yang digunakan uji rank spearman teknik pengambilan datanya menggunakan kuesioner. Hasil penelitian 56,5% memiliki tingkat kesiapsiagaan tanggap darurat bencana kebakaran, hasil uji statistik menyatakan Tidak Ada hubungan antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan tanggap darurat bencana kebakaran (p=0,119), Ada hubungan antara ketersediaan sarfas dengan kesiapsiagaan tanggap darurat bencana kebakaran (p=0,006), Ada hubungan antara peran perusahaan dengan kesiapsiagaan tanggap darurat bencana kebakaran (p=0,001). Saran kepada perusahaan untuk lebih melengkapi dan merenovasi sarana dan prasarana misalnya perlu adanya perbaikan dalam tanda jalur evakuasi dan pemberian garis kuning untuk jalur mobil pemadam kebakaran, dan untuk semua pekerja diharuskan mengikuti pelatihan dan evakuasi tanpa terkecuali.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22570

    Actions (login required)

    View Item