UDiNus Repository

FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK SAFETY DRIVING PADA MAHASISWA PENGGUNA MOBIL PRIBADI DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO 2017

SILFIA, FANDANI EKA (2017) FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK SAFETY DRIVING PADA MAHASISWA PENGGUNA MOBIL PRIBADI DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan pada mahasiswa Udinus sekitar 50% responden yang mengendari mobil untuk berpergian ke kampus dan memiliki pengalaman mengemudi >2 tahun. Sebagian besar responden mengatakan jika ia pernah melanggar tata tertib berlalulintas. Data kepolisian Republik Indonesia Daerah Jawa Tengah, Kota Semarang pada tahun 2016 ada sekitar 86% korban kecelakaan lalulintas setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini. Menganalisis faktor hubungan yang mempengaruhi terhadap praktik safety driving mobil pribadi pada mahasiswa Udinus. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populasi penelitian pada mahasiswa pengguna mobil pribadi di Universitas Dian Nuswantoro berjumlah 159. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Jumlah sampel 61 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner data diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan uji rank sprearman. Hasil penelitian menunjukan terdapat 58 responden melakukan praktik pengetahuan yang baik 95,1% praktik sikap yang baik 70,5% praktik safety driving yg baik 65,6%. Ada hubungan antara pengetahuan (p=0,006), dan sikap (p=0,007). Tidak ada hubungan antara umur (p=0,051) dan jenis kelamin (p=0,951) terhadap praktik safety driving. Beberapa saran dapat diberikan adalah untuk mahasiswa sebaiknya saat mengemudi hindari penggunaan ponsel selalu gunakan perlengkapan alat pelindung diri saat mengemudi dan selalu cek kondisi kendaraan setelah maupun sebelum mengemudi. Bagi universitas dapat memberikan informasi tentang keselamatan berkendara berupa leaflet atau buku saku dan tata cara mengemudi yang baik kepada mahasiswa.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22572

    Actions (login required)

    View Item