UDiNus Repository

Rancangan Sistem Pelaporan Penakit Tuberkulosis Berbasis Sistem Informasi Geografis di Wilayah Kerja Puskesmas Purwoyoso Tahun 2015-2016

MUHAMMAD, ZULFA (2017) Rancangan Sistem Pelaporan Penakit Tuberkulosis Berbasis Sistem Informasi Geografis di Wilayah Kerja Puskesmas Purwoyoso Tahun 2015-2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Belum ada satu negarapusn yang bebas dari TBC. Dari hasil survey terbaru, Estimasi jumlah kasus baru tuberkulosis di Indonesia mencapai 1 juta kasus per tahun. Indonesia adalah negara dengan kasus TBC terbanyak kedua setelah india. Puskesmas Purwoyoso menggunakan sistem pencatatan dan pelaporan puskesma(SP3) yang berisi jumlah pasien yang terkena penyakit dan kode penyakit. Puskesmas Purwoyoso belum melakukan pelaporan berbentuk peta. Sistem Informasi Geografis sangat dibutuhkan di pelayanan kesehatan khususnya di Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sistem pelaporan penyakit tuberculosis berbasis Sistem Informasi Goegrafis di wilayah kerja Puskesmas Purwoyoso. Penelitian deskriptif dilakukan dengan pendekatan cross sectional, variable penelitian adalan data dan jenis laporan penakit TBC berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara kepada petugas pelaporan SP3 yang menghasilkan LB-1. Pemaparan hasil penelitian yang diperolah yaitu rancangan Sistem Informasi Geografis penyakit TBC dalam bentuk peta dengan menggunakan aplikasi ARCVIEW. Distribusi penyakit TBC pada tahun 2015 sampai 2016, kelurahan purwoyoso memiliki pasien yang lebih banyak (17pasien) sedangkan kalipancur hanya 3 pasien. Tahun 2016, pasien TBC meningkat dibandingkan tahun 2015. Puskesmas membutuhkan laporan berbentuk peta agar penanganan penyakit lebih maksimal. Petugas pelaporan di Puskesmas Purwoyoso sebaiknya mengikuti pelatihan dalam menggunakan aplikasi ARCVIEW.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22577

    Actions (login required)

    View Item