UDiNus Repository

FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KANDUNGAN KADAR CHOLINESTERASE DARAH PADA PETANI DUKUH SODONG KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017

LAELATUL, MUBAROKAH (2017) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KANDUNGAN KADAR CHOLINESTERASE DARAH PADA PETANI DUKUH SODONG KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam upaya meningkatkan mutu dan produktivitas hasil pertanian, penggunaan pestisida untuk membasmi hama tanaman sering tak terhindarkan. Pemeriksaan kadar cholinesterase darah pada petani Desa Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang tahun 2017 menunjukkan bahwa 22,6 % petani yang mengalami penurunan kandungan kadar cholinesterase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kandungan kadar cholinesterase darah pada petani Dukuh Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang.Penelitian ini menggunakan instrument kuesioner yang merupakan metode pengumpulan data dengan cara memperoleh informasi secara langsung kepada responden dan desain pendekatannya cross sectional. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 31 orang. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2017. Pengukuran data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, pemeriksaan kadar cholinesterase. Analisis data pada penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dan uji Fisher Exact.Hasil penelitian ini menunjukkan petani yang mengalami penurunan kadar cholinesterase sebanyak (22,6 %). Hasil uji statistik menunjukkan tidak adanya hubungan yang bermakna antara umur (p = 0,172), status gizi (p = 1,000), masa kerja (p = 1,000), lama penyemprotan (p = 1,000), dosis pestisida (p = 1,000), frekuensi penyemprotan (p = 0,671), arah angin (p = 1,000), pemakaian APD (p = 0,226), kebiasaan merokok (p = 1,000) dengan kandungan kadar cholinesterase darah pada petani Dukuh Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen. Saran pada penelitian ini walaupun faktor-faktor yang mempengaruhi setelah di uji tidak ada hubungan tetapi bagi petani yang kadar cholinesterasenya dibawah normal untuk memperhatikan penggunaan takaran dosis pestisida yang sesuai pada label kemasan serta pemakaian masker dan sarung tangan untuk meminimalisir risiko terpaparnya pestisida dalam tubuh.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22579

    Actions (login required)

    View Item