UDiNus Repository

ANALISA KEBUTUHAN TENAGA KERJA DI BAGIAN PENDAFTARAN RAWAT INAP DAN GAWAT DARURAT BERDASARKAN BEBAN KERJA DI RSUD DR. H. SOEWONDO KENDAL PADA TAHUN 2017

MUHAMMAD, MAULANA NAUFAL (2017) ANALISA KEBUTUHAN TENAGA KERJA DI BAGIAN PENDAFTARAN RAWAT INAP DAN GAWAT DARURAT BERDASARKAN BEBAN KERJA DI RSUD DR. H. SOEWONDO KENDAL PADA TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3916b) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survei awal jumlah petugas pendaftaran rawat inap dan gawat darurat ada 5 petugas. Petugas pendaftaran melayani pendaftaran pasien dibagi menjadi 3 shift yaitu pagi, siang dan malam. Pelayanan pendaftaran pasien lambat dan antrian pasien cukup panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kerja dan kebutuhan petugas pendaftaran rawat inap dan gawat darurat di RSUD dr. H. Soewondo Kendal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 5 petugas pendaftaran rawat inap dan gawat darurat. Objek penelitian ini adalah pasien rawat inap dan gawat darurat. Hasil pengamatan di RSUD dr. H. Soewondo Kendal menunjukkan, petugas sudah melakukan tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaan. Waktu kerja tersedia petugas pendaftaran rawat inap dan gawat darurat adalah 2664 jam. Kuantitas kegiatan pokok tahun 2017 petugas pendaftaran rawat inap 23310 pasien pertahun, petugas pendaftaran gawat darurat 20313 pasien pertahun. Standar beban kerja petugas pendaftaran rawat inap 21956 pasien pertahun, petugas pendaftaran gawat darurat 39467 pasien pertahun. Berdasarkan metode WISN, kebutuhan petugas pendaftaran rawat inap dan gawat darurat adalah 9 petugas, Rumah Sakit perlu menambah 4 petugas sehingga pelayanan pendaftaran rawat inap dan gawat darurat dapat berjalan lancar.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22580

    Actions (login required)

    View Item