UDiNus Repository

TINJAUAN PENETAPAN KODE EXTERNAL CAUSE KASUS KECELAKAAN PADA DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TRIWULAN I TAHUN 2017

INDRI, KUSUMANINGSIH (2017) TINJAUAN PENETAPAN KODE EXTERNAL CAUSE KASUS KECELAKAAN PADA DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TRIWULAN I TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3948b) | Preview

    Abstract

    ICD-10 adalah acuan dalam mengkode penyakit. Berdasarkan survei awal pada 10 DRM, 20% DRM menyertakan kode cedera tetapi tidak menyertakan kode external cause, sedangkan 80%DRM menyertakan kode cedera dan kode external cause, tetapi kode external cause tersebut tidak terisi sampai karakter keempat dan kelima.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan informasi tentang kasus kecelakaan pada DRM kasus external cause, menjelaskan diagnosa utama dan kode diagnose utama external cause. Penelitian deskriptif dilakukan dengan metode observasi. Populasi pada penelitian ini yaitu DRM rawat inap pada triwulan I tahun 2017 sebanyak 21 DRM. Penelitian ini menggunakan ceklist penetapan kode external cause. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 21 dokumen rekam medis, 61,9% dokumen rekam medis tidak lengkap, diagnosa tidak tertulis pada seluruh dokumen rekam medis (100%), 14,30% dokumen rekam medis telah dikoding tetapi kode tidak spesifik. Saran, RS sebaiknya memberi pelatihan koding, petugas sebaiknya lebih memperhatikan tiap lembar rekam medis, Petugas jaga lebih teliti dalam memeriksa rekam medis, Dokter wajib menulis diagnosa serta informasi yang lengkap pada rekam medis.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22585

    Actions (login required)

    View Item