UDiNus Repository

TINJAUAN PERBEDAAN KEAKURATAN BERSASARKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS KODING DALAM PENENTUAN KODE PENYAKIT RAWAT INAP DI RS PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2017

YULIA, PANCAWATI DIAH (2017) TINJAUAN PERBEDAAN KEAKURATAN BERSASARKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS KODING DALAM PENENTUAN KODE PENYAKIT RAWAT INAP DI RS PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kompetensi utama rekam medis adalah menetapkan kode penyakit sesuai ICD-10. Berdasarkan survei awal dari 10 sampel DRM pasien rawat inap, 20% kode tidak akurat, 2 dari 3 petugas koding tugasnya merangkap pada semua URM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap dan pengetahuan petugas koding, serta prosentase keakuratan kode penyakit rawat inap sesuai ICD-10 di RS PKU Muhammadiyah Temanggung triwulan I tahun 2017. Penelitian deskritif kualitatif dengan pendekatan retrospektif dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini yaitu 3 orang petugas koding dan 96 DRM rawat inap triwulan I tahun 2017 berdasar teknik total sampling secara acak. Berdasarkan penelitian, sebagian besar petugas koding tergolong berusia dewasa, perempuan, pengalaman kerja 5-8 tahun, pendidikan terakhir D3 RMIK, tidak pernah mengikuti pelatihan. Sebagian besar petugas mengetahui bab-bab dalam ICD, namun petugas kurang memahami tujuan koding dan ICD-10 (Mr. M 48,49%, Mrs. T 18,18%, Mrs. D 45,45%). Sikap petugas koding sudah mendukung mengenai kode penyakit rawat inap. Petugas menentukan kode dengan langsung menuliskan leadterm pada SIMRS. 89,58% kode penyakit RI akurat. Saran, rumah sakit sebaiknya memberikan pelatihan kepada petugas koding, lebih memperhatikan karakteristik dalam seleksi petugas koding, dan menyediakan ICD-10 manual volume 1 dan 3. Petugas sebaiknya menuliskan kode penyakit rawat inap pada resume medis pasien.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22586

    Actions (login required)

    View Item