UDiNus Repository

Tinjauan Penetapan Kode External Cause Berdasarkan Kelengkapan dan Spesifitas Diagnosa Medis Kasus External Cause di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang Tahun 2017

PUTI, ANGGITASARI SERUNI (2017) Tinjauan Penetapan Kode External Cause Berdasarkan Kelengkapan dan Spesifitas Diagnosa Medis Kasus External Cause di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3753b) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survey awal pada 10 DRM kasus external cause, 100% koding penyakit ?? namun koding aktivitas dan lokasi tidak akurat. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kelengkapan dan spesifitas diagnosa medis kasus external cause yang mendukung penetapan kode external cause di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desktriptif. Metode pengumpulan data dengan observasi berdasarkan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian yaitu seluruh petugas koder rawat inap (5 petugas) dan 1 kepala rekam medis di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. Objek penelitian adalah DRM pasien kasus cidera atau external cause tahun 2017 periode Januari – Maret 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 petugas koding yang tidak mengetahui koding external cause, informasi yang tidak mendukung untuk koding external cause sebanyak 84,61 %, tidak ada SOP tentang koding external cause. 90,38 % koding tidak akurat karena informasi yang tidak lengkap. Saran perlu adanya pelatihan mengenai koding external cause.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22587

    Actions (login required)

    View Item