UDiNus Repository

TINJAUAN PENGELOAAN PELAYANAN DI FILING REKAM MEDIS TERKAIT DENGAN STANDARD APK DAN MKI DI RS PANTIWILASA CITARUM SEMARANG TAHUN 2017

AGUSTINE, WALUYO ERVINA (2017) TINJAUAN PENGELOAAN PELAYANAN DI FILING REKAM MEDIS TERKAIT DENGAN STANDARD APK DAN MKI DI RS PANTIWILASA CITARUM SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang dituntut dapat menghasilkan data dan informasi guna mendukung penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Penyimpanan DRM bertujuan untuk melindungi bentuk fisik dan isi rekam medis dari kerusakan, karena rekam medis sangat berharga bagi rumah sakit Pnelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional dilakukan dengan observasi dan wawancara 6 petugas filing dan kepala rekam medis. Sampel DRM diambil secara accidental sampling. Analisis data secara deskriptif. Hasil Penelitian Prosedur Filing Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang menunjukkan, Penerimaan KK dan DRM sudah lengkap dan sudah diberi kode dari fungsi K/I, Penyimpanan DRM kedalam rak penyimpanan sudah lengkap sesuai dengan metode yang digunakan dan sesuai dengan kode warna pada nomor rekam medisnya. Pelacakan DRM dan Distribusi DRM oleh petugas filing. PengelolaanPelayanan di Filing. Prosedur filing harus diterapkan dengan baik. Sistem penomoran sudah sesuai standar. Penerapan sistem penomoran baku. Lama distribusi disebabkan oleh jarak antar poliklinik dengan filing. Saran, rumah sakit perlu menyediakan sarana transportasi seperti sepeda untuk petugas distribusi DRM. Petugas filing harus berhati-hati dalam mengambil DRM. Petugas filing harus mematuhi standar yang ada dalam standar APK dan MKI. Kata kunci: pelayanan kesehatan, prosedur di filing Kepustakaan: 15 (2011)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22590

    Actions (login required)

    View Item