UDiNus Repository

TINJAUAN KELENGKAPAN PERSYARATAN KLAIM BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SEMARANG PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2017

DWI, MEININGRUM (2017) TINJAUAN KELENGKAPAN PERSYARATAN KLAIM BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SEMARANG PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4060b) | Preview

    Abstract

    Klaim merupakan proses penilaian kelayakan dokumen rekam medis yang akan dibayar berdasarkan kelengkapan dokumen rekam medis. Berdasarkan survei awal di Rumah Sakit Bhayangkara, masih terdapat penolakan klaim BPJS rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab ketidaklengkapan persyaratan klaim BPJS Rawat Jalan di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang Periode Triwulan I Tahun 2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Jumlah sampel adalah 78 dari 357 berkas klaim yang ditolak BPJS. Hasil penelitian menunjukkan, 38,26% DRM rawat jalan diajukan klaim pada bulan Maret 2017. 11,09% penolakan klaim terjadi pada bulan Februari sebagian besar karena pasien BPJS yang kontrol tidak membawa surat kontrol (65,38%). Penyebab penolakan klaim BPJS rawat jalan adalah syarat pendaftaran pasien BPJS yang tidak lengkap. Saran, Rumah Sakit membuat protap khusus bagi anggota polisi dan keluarga anggota supaya tidak terjadi lagi penolakan klaim yang dapat menyebabkan Rumah Sakit rugi, melakukan sosialisasi aturan pasien BPJS pada anggota polisi, petugas pendaftaran rawat jalan lebih teliti saat melakukan checklist pada persyaratan pasien BPJS, memasang papan informasi pada bagian pendaftaran rawat jalan mengenai persyaratan pasien BPJS.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22592

    Actions (login required)

    View Item