UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PEMBUANGAN DAHAK PENDERITA TB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2017

TAUFIK, AZIZI (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PEMBUANGAN DAHAK PENDERITA TB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Ronal Bayer, seorang ahli kesehatan masyarakat dari Amerika serikat, menyatakan bahwa kasus TB merupakan bukti kegagalan para ahli kesehatah masyarakat, kemudian indonesia untuk khasus TB no 3 tertinggi didunia, sedangkan di wilayah kerja puskesmas larang memiliki khasus TB tinggi Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik pembuangan dahak penderita TB di wilayah kerja puskesmas Larangan Kabupaten Brebes tahun 2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross sectional. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh penderita TB berjumlah 30 orang, menggunakan (simple random sampling) Hasil penelitian menyatakan tidak terdapat hubungan antara responden yang memiliki praktik pembuangan dahak buruk sebanyak (36,7%), pengetahuan kurang sebanyak 9 orang (30,0%),pendidikan rendah (90,0%) sedangkan pendidikan tinggi (10,0%), ketersediaan fasilitas kurang lengkap (53,3%) dan umur dewasa (83,3%). Saran bagi puskesmas larangan perlu adanya petugas promkes untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya penyakit TB mudah menular dan bagaimana penanggulangannya. Bagi penderita TB melengkapi fasilitas supaya penyakit TB tidak menular seperti pada pembuangan dahak tempat pembungan dahak (kaleng, pispot,) yang tertutup dan membersihkan dengan isol/air sabun.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22593

    Actions (login required)

    View Item