UDiNus Repository

Tinjauan Petugas dalam Penggunaan Simbol dan Singkatan Medis Pada Berkas Rekam Medis Terkait Persiapan Akreditasi KARS Rumah Sakit Hj Anna Lasmanah Banjarnegara Tahun 2017

MUTHIA, MAHARANI ARDIAN (2017) Tinjauan Petugas dalam Penggunaan Simbol dan Singkatan Medis Pada Berkas Rekam Medis Terkait Persiapan Akreditasi KARS Rumah Sakit Hj Anna Lasmanah Banjarnegara Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tinjauan Petugas Dalam Penggunaan Simbol Dan Singkatan Medis Pada Berkas Rekam Medis Terkait Persiapan Akreditasi KARS Rumah Sakit Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara Tahun 2017 Keseragaman simbol dan singkatan medis merupakan suatu elemen penilaian dalam standar akreditasi KARS bab Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI), tujuan dari keseragaman adalah menyamakan istilah yang dituliskan sebagai alat komunikasi antar tenaga medis. Penyeragaman juga sebagai upaya dalam persiapan akreditasi sesuai dengan aturan pada MKI.13.Jenis penelitian yang digunakan merupakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan teknik wawancara dan observasi. Rancangan yang digunakan dalam pengolahan data dengan menggunakan metode cross sectional. Populasi dan sampel yang digunakan subjek yang terdiri dari dokter, perawat, petugas koding, sedangkan objek meliputi dokumen rekam medis milik pasien.Hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar petugas sudah memahami apa itu simbol dan singkatan medis. Didapatkan tingkat kepatuhan petugas dalam penggunaan singkatan sebanyak 225 singkatan atau sebanyak 46.49% sedangkan ketidak patuhan petugas dalam penggunaan singkatan sebanyak 259 singkatan atau 53.51%. Sedangkan tingkat kepatuhan petugas dalam penggunaan singkatan obat yang sesuai sebanyak 30 singkatan atau 96.70%, ketidakpatuhan sebanyak 1 singkatan atau 3.30% dan dalam penggunaan simbol sebanyak 137 simbol atau 95.80% sedangkan ketidak patuhan petugas dalam penggunaan simbol sebanyak 6 simbol atau 4.20%.Dalam menangani ketidak patuhan petugas sebaiknya perlu diadakan metode sosialisasi kepada petugas untuk meningkatkan kesadaran dalam penggunaan yang sesuai dengan pedoman rumah sakit, dan rumah sakit harus selalu menuliskan simbol dan singkatan yang baru agar buku selalu diperbaharui untuk persiapan akreditasi kedepan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22594

    Actions (login required)

    View Item