UDiNus Repository

FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGIRIMAN DRM DARI FILING KE POLIKLINIK DI RS BHAKTI WIRA TAMTAMA KOTA SEMARANG TAHUN 2017

YUITHA, MAYASARI (2017) FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGIRIMAN DRM DARI FILING KE POLIKLINIK DI RS BHAKTI WIRA TAMTAMA KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pelaksanaan prosedur pengiriman DRM sangat mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan. Berdasarkan survei awal, dari 10 pelayanan DRM terdapat 8 pelayanan DRM yang terlambat karena melebihi batas waktu pelayanan DRM. Setelah dilakukan wawancara dengan 10 perawat poliklinik, perawat menyatakan sering terjadi keterlambatan pengiriman dokumen pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab keterlambatan pengiriman DRM dari filing ke poliklinik. Penelitian deskriptif dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah 4 petugas filing rawat jalan dan objeknya pelaksanaan prosedur pengiriman DRM. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik petugas berpengaruh terhadap keterampilan kerja. Tracer sebagai sarana permintaan dokumen dari rawat jalan ke filing tidak terdapat dalam SOP, sehingga terjadi kendala dalam komunikasi antara TPPRJ dengan filing. SOP pengiriman DRM belum sepenuhnya dilakukan. Sistem penjajaran yang dipakaiTerminal Digit Filing dan sistem penyimpanan yang digunakan Sentralisasi. 75% pelaksanaan prosedur pencarian dokumen sesuai nomor rekam medis, 25% menuliskan pada buku register, 25% mengantarkan dokumen ke poliklinik. Kendala pelayanan DRM adalah petugas memiliki tugas rangkap. Saran. Dilakukan sosialisasi pada petugas filing tentang penggunaan tracer sesuai SOP.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:01
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22596

    Actions (login required)

    View Item