UDiNus Repository

ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA BERDASARKAN BEBAN KERJA BAGIAN ASSEMBLING DENGAN METODE WISN DI RSU WILLIAM BOOTH SEMARANG PERIODE TAHUN 2017

AULIA, SANTI ERVILA (2017) ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA BERDASARKAN BEBAN KERJA BAGIAN ASSEMBLING DENGAN METODE WISN DI RSU WILLIAM BOOTH SEMARANG PERIODE TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3941b) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survei hanya terdapat 1 petugas assembling di RSU William Booth Semarang yang memiliki tugas pokok untuk meregister DRM masuk dari bangsal, merakit formulir DRM, dan meneliti kelengkapan data DRM. Di bagian assembling sering terjadi penumpukan dokumen yang belum dirakit serta diteliti kelengkapannya Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kebutuhan tenaga kerja di bagian assembling berdasarkan metode WISN di RSU William Booth Semarang tahun 2017. Penelitian deskriptif dilakukan dengan mengobservasi dokumen rawat inap dan wawancara dengan 1 petugas assembling dan 1 kepala rekam medis. Berdasarkan hasil penelitian, petugas assembling telah melakukan tugasnya sesuai dengan tupoksi. Waktu kerja tersedia petugas selama 1 tahun adalah 100.440 menit/tahun. Kuantitas kegiatan pokok per tahun sebanyak 54.126 DRM/tahun. Jumlah standar beban kerja selama 1 tahun sebanyak 772.486 DRM. Berdasar metode WISN jumlah kebutuhan tenaga kerja petugas assembling pada tahun 2017 adalah 9 petugas sehingga dibutuhkan penambahan 8 petugas. Pihak rumah sakit sebaiknya memperhatikan jumlah kebutuhan petugas assembling agar mendapatkan hasil kerja yang efisien dan petugas dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:02
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22610

    Actions (login required)

    View Item