UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA WANITA DI BAGIAN PENGEMASAN IKAN UD.PS JUWANA 2017

SHOLIHATUN, MUNA (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA WANITA DI BAGIAN PENGEMASAN IKAN UD.PS JUWANA 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Nyeri punggung bawah merupakan rasa yang tidak enak berupa nyeri pada pungung bawah yang bersumber dari tulang belakang daerah spinal (punggung bawah), otot, saraf, atau struktur lainnya di sekitar daerah tersebut. Sakit akibat kerja yang frekuensi kejadiannya paling tinggi adalah sakit atau nyeri pada punggung yaitu 22% dari 1.700.000 kasus. UD.PS merupakan salah satu industri pindang dimana pekerjanya memiliki resiko yang berhubungan dengan nyeri punggung bawah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah pada pekerja wanita di bagian pengemasan ikan UD.PS Juwana. Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Populasi penelitian pada pekerja wanita bagian pengemasan yang berjumlah 98 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode Sistematic Random Sampling dengan jumlah sampel 50 orang. Instrumen penelitian yaitu kuesioner, Nordic Body Map, Numeric Rating Scale, timbangan dan mikrotoa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan uji statistik Rank Spearman Hasil pengukuran terdapat 41 responden mengalami keluhan nyeri punggung bawah yaitu 24% nyeri ringan dan 58% nyeri sedang. Ada hubungan antara umur (p=0,000), masa kerja (p=0,001), sikap kerja duduk (p=0,012), dan sarana kerja (p=0,000). Tidak ada hubungan antara status gizi (p=0,430), lama kerja (p=0,165), beban kerja (p=0,966) dengan keluhan nyeri punggung bawah. Saran bagi pekerja sebaiknya melakukan peregangan otot disela-sela pekerjaan dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala agar meminimalisir keluhan nyeri punggung bawah.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:02
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22618

    Actions (login required)

    View Item