UDiNus Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN POLA MAKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT ANGKATAN 2014 – 2016 UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2017

Mauritius, Pareira Elias (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN POLA MAKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT ANGKATAN 2014 – 2016 UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Mahasiswa kesehatan masyarakat UDINUS sebagai calon tenaga kesehatan dan promotor kesehatan harus memiliki sikap dan perilaku kesehatan yang memadai tentang pola hidup sehat. Kenyataannya, mereka juga tidak terlepas dari mengadopsi perilaku yang kurang sehat dalam kehidupan pribadinya karena meningkatnya aktivitas, kehidupan sosial dan kesibukan sebagai mahasiswa. Tujuan dilakukan penelitan ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pola makan mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro Merupakan penelitian survey dengan pendekatan Cross Sectional. Variabel yang diteliti meliputi variabel bebas (uang saku, jenis kelamin, tempat tinggal, aktivitas dan pengetahuan gizi) dan variabel terikat (pola makan). Sampel penelitian adalah 86 mahasiswa program studi kesehatan masyarakat UDINUS tahun 2014 - 2016 yang diambil dengan metode simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dilakukan uji statistik chi square. Hasil penelitian menunjukan bahwa 53,5% mahasiswa Pogram Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro Semarang tahun 2014 – 2016 yang memiliki pola makan yang baik. Berdasarkan uji statistik analisis chi-square tidak terdapat hubungan antara pola makan dengan Uang saku (Pvalue = 0,078), Jenis kelamin (Pvalue = 0,387), Tempat tinggal (Pvalue = 0,06), Aktivitas (Pvalue = 0,487), dan pengetahuan gizi (Pvalue = 0,335). Disarankan perlu adanya evaluasi tentang pola makan sehat bagi mahasiswa melalui media informasi yang sering digunakan seperti media sosial Facebook, Instagram, Whatsapp yang dimonitor langsung oleh fakultas kesehatan UDINUS.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:02
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22621

    Actions (login required)

    View Item