UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SUAMI DENGAN PRAKTIK PEMERIKSAAN ANC (ANTENATAL CARE) PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI KULON SEMARANG TAHUN 2017

FEBRI, NUGRAHENI AZURA (2017) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SUAMI DENGAN PRAKTIK PEMERIKSAAN ANC (ANTENATAL CARE) PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI KULON SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Hubungan Antara Dukungan Suami Dengan Praktik Pemeriksaan ANC (Antenatal Care) Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang Tahun 2017 XVIII+ 59 Hal + 20 Tabel + 2 gambar+4 lampiran Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan pada masa kehamilan menjadi faktor yang paling menentukan angka kematian ibu. Kurangnya pemanfaatan pelayanan Antenatal Care, hal ini akan mempengaruhi sulitnya tenaga kesehatan dalam mendeteksi risiko kehamilan yang penting untuk penanganan kehamilan.Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan suami dengan praktek pemeriksaan Antenatal Care. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan metode kuantitatif dengan instrumen kuesioner dan wawancara yang digunakan untuk uji hubungan antara dukungan suami dengan praktek pemeriksaan Antenatal Care dengan jumlah populasi 292 dan data yang diambil sejumlah 88 ibu hamil. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang berkorelasi negatife antara dukungan suami dengan praktek pemeriksaan antenatal care (p=0,047). Berdasarkan penjelasan mengenai tabel tabulasi silang, dapat disimpulkan bahwa praktek pemeriksaan ANC mempunyai hubungan dengan tingginya pendidikan ibu hamil (p=0,040). Saran penelitian yang diberikan yaitu memberikan edukasi kepada suami bahwa pentingnya dukungan dari suami untuk ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan ANC.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22626

    Actions (login required)

    View Item