UDiNus Repository

EVALUASI PELAYANAN POSYANDU DI WILAYAH KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015

ARIS, PUJI ENDANG (2017) EVALUASI PELAYANAN POSYANDU DI WILAYAH KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ARIS ENDANG PUJIYANTI EVALUASI PELAYANAN POSYANDU DI POSYANDU WILAYAH KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015 XIX + 83 Hal + 15 Tabel + 4 Gambar + 5 Lampiran Posyandu adalah suatu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelolah, diadakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. Jumlah posyandu di Kelurahan Sekaran berjumlah 7 posyandu dengan jumlah balita 406 balita. Cakupan D/S (Jumlah Balita yang ditimbang di Posyandu dibagi dengan jumlah balita yang ada di wilayah Posyandu) di Kelurahan Sekaran pada tahun 2015 di bawah target rata-rata kurang dari 80%. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pelayanan posyandu di posyandu wilayah Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu balita dan kader di wilayah Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 2015. Sampel Dalam Penelitian Ini yaitu 80 Ibu balita dan 19 kader posyandu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Data diolah secara deskriftif Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar umur ibu balita dengan umur 20-35 tahun yaitu 60,0%, sebagian besar tingkat pendidikan ibu balita tamat SMA yaitu sebanyak 47 ibu balita 58,8%, sebagian besar bekerja sebagai ibu rumah tangga yaitu 48,8%, ibu balita dengan kategori kurang aktif dalam kunjungan posyandu 51,2%, sebagian besar memiliki pengetahuan kurang tentang posyandu yaitu 55,5, pelayanan sistem 5 meja tidak semuanya dilaksanakan, jumlah kader yang ada sangat terbatas yaitu berjumlah 19 kader, sebagian besar kader posyandu memiliki sikap yang baik terhadap pelayanan posyandu yaitu 73,7%, sebagian besar kader kategori aktif dalam pelayanan posyandu yaitu 89,5% Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi Puskesmas untuk menambah jumlah kader posyandu, menambah sarana dan prasarana posyandu dan melakukan pendampingan posyandu secara rutin agar pelayanan di meja 5 bisa berjalan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22629

    Actions (login required)

    View Item