UDiNus Repository

Perancangan Ulang Formulir Transfer Pasien Berdasarkan Standar Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI) 8 Akreditasi KARS 2012 di Rumah Sakit Islam Kendal Tahun 2017

DITA, LARAS TRININGSIH (2017) Perancangan Ulang Formulir Transfer Pasien Berdasarkan Standar Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI) 8 Akreditasi KARS 2012 di Rumah Sakit Islam Kendal Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Desain Formulir Transfer Pasien di Rumah Sakit Islam Kendal masih terdapat ketidaksesuaian dalam aspek analisis desain formulir dan elemen penilaian standar MKI 8 akreditasi KARS 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis desain formulir, hasil kuesioner tentang desain formulir, butir data berdasarkan elemen penilaian standar MKI 8, mengidentifikasi kendala pengguna dan merancang ulang Formulir Transfer Pasien.Penelitian dalam studi ini adalah deskriptif dengan metode observasi, dan kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian 14 subjek dan 1 objek Formulir Transfer Pasien.Hasil penelitian dari analisis desain formulir menujukkan ketidaksesuaian teori pada aspek fisik (bahan dan ukuran), aspek anatomik (heading, instruction,body dan cara pengisian), dan aspek isi (kelengkapan butir data dan simbol), kurangnya desain formulir berdasarkan hasil kuesioner, ketidaksesuaian butir data pada elemen peniliaian standar MKI 8 yaitu resume alasan rawat inap, temuan yang signifikan, dan obat-obatan/pengobatan yang diberikan dan adanya kendala pengguna yaitu kurang tertibnya petugas dalam pengisian formulir dan belum ditetapkannya Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengisian Formulir Transfer Pasien. Disarankan agar membuat rancangan Formulir Transfer Pasien sesuai dengan teori, hasil kuesioner, elemen penilaian standar MKI 8 akreditasi KARS 2012 dan kebutuhan pengguna dan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengisian Formulir Transfer Pasien di Rumah Sakit Islam Kendal.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22630

    Actions (login required)

    View Item