UDiNus Repository

HUBUNGAN PERAN PENGAWAS MINUM OBAT TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN TB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PONCOL KOTA SEMARANG TAHUN 2017

PRAMESWURI, ANNEKE (2017) HUBUNGAN PERAN PENGAWAS MINUM OBAT TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN TB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PONCOL KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penyakit tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman bernama Mycobacterium tuberculosis. Pada 2015 lalu, diperkirakan ada 10,4 juta insiden kasus TB di seluruh dunia. TB menjadi penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia saat ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengendalikan TB adalah dengan menjalani pengobatan. Pengawas Minum Obat (PMO) adalah seseorang yang secara sukarela membantu pasien TB dalam masa pengobatannya hingga sampai sembuh. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan peran PMO terhadap kepatuhan minum obat pasien TB di wilayah kerja Puskesmas Poncol Kota Semarang tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian observasional, dengan pendekatan cross sectional dalam desain studi analitik. Sampel penelitian ini sebanyak 24 pasien TB. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Untuk uji statistik digunakan uji Chi-square, dengan persyaratan batas taraf kesalahan ? = 5% (p-value ? 0,05). Hasil dari penelitian menyatakan bahwa variabel peran PMO tidak ada hubungan yang signifikan dengan variabel kepatuhan minum obat, dikarenakan p-value = 1,000 (p-value ? 0,05). Proporsi kategori peran PMO yang baik terhadap kepatuhan minum obat yang patuh ada 7 responden (58,3%), yang tidak patuh ada 5 reponden (41,7%). Kategori peran PMO yang kurang baik terhadap kepatuhan minum obat untuk yang patuh ada 7 responden (58,3%), sedangkan yang tidak patuh ada 5 responden (41,7%). Diharapkan pihak terkait bersedia bekerjasama dengan PMO agar PMO pasien mampu menjalankan tugas sesuai dengan perannya, terutama untuk mengawasi pasien ketika sedang berjauhan dengan petugas kesehatan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22636

    Actions (login required)

    View Item