UDiNus Repository

Tinjuan pengetahuan petugas filing tentang retensi dan pengelolaan dokumen rekam medis Inaktif di RSUD Dr.R Soedjat Soemodiharjo Purwodadi Tahun 2017

TIARA, GIANTI SANI (2017) Tinjuan pengetahuan petugas filing tentang retensi dan pengelolaan dokumen rekam medis Inaktif di RSUD Dr.R Soedjat Soemodiharjo Purwodadi Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Program Studi DIII Rekam Medis & Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2017 ABSTRAK TIARA SANI GIANTI TINJAUAN PENGETAHUAN PETUGAS FILING TENTANG RETENSI DAN PENGELOLAAN DOKUMEN REKAM MEDIS INAKTIF DI RSUD DR.R SOEDJAT SOEMODIHARJO PURWODADI TAHUN 2017. Petugas filing di RSUD Dr. R Soedati Soemodiardjo sering lalai dalam memilah dokumen rekam medis inaktif, karena setelah memilah dokumen rekam medis hanya ditumpuk dan diletakan dilantai. Ketika ada pasien lama yang datang untuk berobat, perlu waktu lama dan memerlukan banyak petugas untuk mencari dokumen rekam medis pasien tersebut. Sehingga proses pelayanan kepada pasien terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengelolaan DRM inaktif. Penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus dilakukan melalui wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, sebagaian besar petugas filing berusia 20-50 tahun, perempuan, pendidikan terakhir D3 RMIK, masa kerja >10 tahun. Terdapat 1 petugas yang kurang memahami pengelolaan DRM inaktif. Sudah ada kebijakan tetapi masih digabungkan dengan SOP dan ada protap tetapi belum spesifik. Sarana yang digunakan yaitu indeks penyakit. Proses pengelolaan DRM di RSUD Dr.R Soedjati Soemodiardjo terdiri dari mengambil resume, laporan operasi, kematian dan belum tersedianya ruangan khusus untuk menyimpan DRM Inaktif. Saran, Kepala Unit Rekam Medis (URM) melakukan sosialisasi dan pelatihan tentang pengelolaan DRM Inaktif kepada seluruh petugas Unit Rekam Medis (URM). Protap sebaiknya dipisahkan dari SOP sehingga petugas bisa lebih spesifik dalam memahami kebijakan tentang pemusnahan dan pengelolaan DRM Inaktif. Kata Kunci : Pengetahuan Petugas, Filing, Retensi, DRM Inaktif Kepustakaan : 23 (1990 – 2016)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22637

    Actions (login required)

    View Item