UDiNus Repository

HUBUNGAN HYGIENE PERORANGAN DAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN GANGGUAN KULIT PADA PEKERJA UD.PS PINDANG JUWANA PATI TAHUN 2017

CATUR, WULANDARI YUNITA (2017) HUBUNGAN HYGIENE PERORANGAN DAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN GANGGUAN KULIT PADA PEKERJA UD.PS PINDANG JUWANA PATI TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG 2017 ABSTRAK CATUR YUNITA WULANDARI HUBUNGAN HIGIENE PERORANGAN DAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN KELUHAN GANGGUAN KULIT PADA PEKERJA UD.PS PINDANG JUWANA PATI xviii + 57 hal + 15 tabel + 8 gambar + 7 lampiran Higiene perorangan sebagai salah satu kemampuan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna mempertahankan kehidupannya, kesehatan dan kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatannya, klien dinyatakan terganggu higiene personalnya jika tidak dapat melakukan perawatan diri. Juwana sebagai tempat pemindangan ikan terbesar yang terletak di kabupaten Pati. Proses Pemindangan yang di mulai dari pencucian ikan, penataan ikan, pengikatan ikan hingga perebusan ikan. Pekerja tidak memperhatikan higiene perorangan dan alat pelindung diri guna melindungi diri dari penyakit akibat kerja. Tujuan dari Penelitian adalah mendeskripsikan adanya hubungan higiene perorangan, alat pelindung diri dengan gangguan kulit. Jenis penelitian adalah observasional dengan menggunakan rancangan studi potong lintang (cros-sectional). Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian pengemasan UD.PS Pindang Juwana Pati sebanyak 98 pekerja. Analisis data menggunakan uji univariat,bivariat,validitas,reliabilitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara higiene peorangan dengan gangguan kulit p value 0,027 <0,05 dengan kekuatan koefisien korelasi lemah yaitu 0,312 .Tidak ada hubungan alat pelindung diri dengan gangguan kulit p value 0,108 <0,05 dengan kekuatan koefisien korelasi lemah 0,230. Bagi pekerja memperhatikan pentingnya kebersihan tangan dan kaki, pentingnya pemakaian Apd. Bagi pemilik usaha menyediakan air bersih, menyediakan sabun, tempat cuci tangan dan kaki, apd yang tahan terhadap air. Kata Kunci : higiene, apd, gangguan kulit Kepustakaan 14 buku ( tahun 2000-2014)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22638

    Actions (login required)

    View Item