UDiNus Repository

FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA MONTIR BENGKEL MOTOR DIKOTA UNGARAN TAHUN 2017

HENDRI, PRADITYA (2017) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA MONTIR BENGKEL MOTOR DIKOTA UNGARAN TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kota Ungaran ada sekitar 32 bengkel motor rumahan yang tersebar di 9 kelurahan, didapat data untuk 1 bengkel biasanya ada 1 – 4 montir sehingga tercatat ada 73 pekerja. Terdapat pekerja yang mengeluhkan menderita nyeri punggung bawah, keluhan tersebut tidak hanya diakibatkan oleh posisi kerja (teknik mengangkat dan sikap duduk) yang tidak ergonomis, Karena keterbatasan tempat dan semua aktivitas melibatkan berbagai kelompok otot, terutama otot penyangga tulang belakang. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah pada pekerja montir bengkel motor di kota Ungaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan studi cross sectional. Sampel penelitian adalah seluruh montir bengkel rumahan yang ada di kota Ungaran tahun 2017 diperoleh 73 responden. Analisis statistik yang digunakan apabila distribusi data normal adalah uji kolerasi Product Moment. Sedangkan distribusi data yang tidak normal menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil statistik dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan untuk umur (p 0, 938), indek masa tubuh (p 0,678), masa kerja (p 0,946), posisi kerja (p 0,643), merokok (p 0,379) terhadap keluhan nyeri punggung bawah pada montir bengkel motor dikota Ungaran. Kesimpulan nyeri punggung bawah diakibatkan karena umur, Indeks masa tubuh, posisi kerja masa kerja, kebiasaan merokok.sarankan untuk semua montir saat melakukan pekerjaan lebih memperhatikan posisi bekerja agar terhindar dari keluhan nyeri punggung bawah pada montir dibengkel motor rumahan kota Ungaran.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22641

    Actions (login required)

    View Item