UDiNus Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BULU LOR KOTA SEMARANG PERIODE 2017

YOHANES, LAKA DESRIANUS (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BULU LOR KOTA SEMARANG PERIODE 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Hasil kunjungan Antenatal Care di wilayah kerja Puskesmas Bulu Lor Kota Semarang hampir mencapai 85 - 90% namun perlu pendampingan tenaga kesehatan dalam pemberian informasi pentingnya melakukan pemeriksaan kehamilan oleh tenaga ahli kesehatan agar meminimalisir tingginya angka kematian Ibu maupun bayi di wilayah kerja Puskesmas Bulu Lor Kota Semarang. Mengetahui hubungan Health Literacy Ibu Hamil dan pemanfaatan pelayanan kesehatan untuk antenatal care (ANC) di Wilayah Kerja Puskesmas Bulu Lor, Kota Semarang. Jenis penelitian ini “Explanatory reseach” adalah penelitian yang mengartikan kaitan kausal antara variabel dengan pengujian hipotesis” Metode Explanatory research bisa dikatakan menjadi penelitan untuk memeriksa hipotesis antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Tidak ada hubungan antara umur dengan health literacy, ada hubungan antara pendidikan dan health literacy, ada hubungan antara penghasilan keluarga dengan health literacy, tidak ada hubungan antara umur dengan health literacy, ada hubungan antara pelatihan kesehatan dengan health literacy, tidak ada hubungan antara pelatihan kesehatan dengan health literacy. Saran untuk tenaga kesehatan untuk menyediakan contact person ambulance yang bisa diakses masyarakat dalam keadaan darurat, sedangkan untuk masyarakat wilayah kerja Puskesmas Bulu Lor Perlu adanya pemberdayan atau swadaya masyarakat dimana ada kendaraan milik masyarakat yang dapat digunakan untuk membantu ibu hamil ketika dalam keadaan darurat untuk mendapat pertolongan yang cepat dan tepat oleh tenaga kesehatan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22648

    Actions (login required)

    View Item