UDiNus Repository

EFEKTIFITAS FILM DAN LEAFLET TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR SUNGAPAN 03 KOTA PEMALANG

IKA, NURFITRIANI (2017) EFEKTIFITAS FILM DAN LEAFLET TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR SUNGAPAN 03 KOTA PEMALANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Promosi kesehatan di sekolah merupakan langkah yang strategis dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat bagi siswa dan siswi sekolah dasar. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang didapatkan data PHBS di instansi sekolah untuk masalah cuci tangan sudah mencapai 88,70% pada tahun 2014, sedangkan kantin sehat di instansi sekolah 33,04% pada tahun 2014.Berdasarkan studi pendahuluan para siswa mereka masih enggan untuk melaksanakan PHBS cuci tangan dan pemilihan jajanan sehat dikantindan masih perlu motivasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas film dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang perilaku hidup bersih sehat (PHBS) siswa sekolah dasar Sungapan kota Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan metode kuantitatif dengan rancangan pre-eksperimental semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 54 siswa yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok kontrol, film dan leaflet, Pada penelitian ini data yang akan dikumpulkan adalah data primer dari siswa melalui pengisian kuesioner.Berdasarkan hasil analisis diperoleh melalui pretest dan posttest menunjukan nilai taraf signifikan sebesarnilai nilai p=0,043. Nilai p tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,043<0,05) sehingga artinya tingkat pengetahuan dari tiga kelompok memiliki perbedaan signifikan dan padavariabel sikap nilai fhitung= 44,361 dengan nilai p=0,000. Nilai p tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,043<0,05) sehingga artinya tingkat sikap dari tiga kelompok memiliki perbedaan signifikan.Sebagai upaya keberhasilan bagi sekolah sebaiknya siswa diajarkan hidup bersih dan sehat melalui media film dan leaflet agar mudah diterima dan dipahami informasi yang diberikan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22649

    Actions (login required)

    View Item