UDiNus Repository

Pengaruh Manajemen Modal Kerja dan Rasio Keuangan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014

DZULFIKA, DUALAPAHI PUTERA (2017) Pengaruh Manajemen Modal Kerja dan Rasio Keuangan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3978b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen modal kerja dan rasio keuangan terhadap profitabilitas. Penelitian dilakukan dengan uji pengaruh periode pengumpulan piutang rata-rata (ACP), perputaran persediaani harian (ITID), periode pembayaran utang rata-rata (APP), Likuiditas (CR), Ukuran Perusahaan (LOS), dan Penggunaan utang (DER) terhadap profitabilitas (NOP). Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kriteria yang telah ditentukan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014, perusahaan manufaktur yang mempublikasikan laporan keuangannya secara lengkap pada periode 2014, dan perusahaan manufaktur yang menggunakan mata uang rupiah dalam pelaporan keuangan pada periode 2014. Berdasarkan pengamatan dari kriteria tersebut, diperoleh 96 perusahaan. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan pengujian statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, pengujian regresi berganda, pengujian koefisien determinasi, pengujian simultan dan pengujian parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya variabel pengumpulan piutang rata-rata (ACP), dan variabel perputaran persediaani harian (ITID) yang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (NOP), sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:18
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22739

    Actions (login required)

    View Item