UDiNus Repository

Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015

NUR, HALIMAH (2017) Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4002b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance yang diukur dengan kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin's q, serta untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan Return of Equity (ROE) sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa Indonesia Capital Market Directory (ICMD), Indonesia Stock Exchange (IDX), dan annual report yang telah dipublikasi oleh BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel diperoleh sebanyak 103 perusahaan. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis data program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, good corporate governance dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan good corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan tidak terbukti menjadi variabel intervening.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:23
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:23
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22771

    Actions (login required)

    View Item