UDiNus Repository

Analisis Portofolio Optimum Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Reksa Dana di Instrumen Investasi Indonesia Periode 2013-2015

DELLA, SOFIFAUZIAH MARDHATILLAH (2017) Analisis Portofolio Optimum Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Reksa Dana di Instrumen Investasi Indonesia Periode 2013-2015. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3655b) | Preview

    Abstract

    Dalam kegiatan investasi di pasar modal, para investor dapat meminimalkan resiko yang akan diperoleh dengan membentuk portofolio. Portofolio adalah salah satu upaya meminimalkan resiko dengan cara berinvestasi pada lebih dari satu saham. Portofolio yang baik adalah portofolio yang memiliki return tinggi dengan resiko yang minimal. Objek dari penelitian ini adalah indeks harga saham gabungan (IHSG) dan reksa dana. Tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu yang pertama untuk mengetahui tingkat pendapatan instrumen investasi selama periode 2013-2015, kedua untuk mengetahui korelasi antara indeks harga saham gabungan (IHSG) dan reksa dana, dan ketiga untuk mengetahui portofolio yang optimal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat pendapatan indeks harga saham gabungan (IHSG) sebesar 0,27% dan tingkat pendapatan reksa dana sebesar 1,15%. Kedua instrument investasi berkorelasi positif sempurna. Hasil perhitungan yang dilakukan dalam penelitian ini memberikan infromasi portofolio optimal menghasilkan return yang maksimal sebesar 1,35% dengan tingkat risiko sebesar 0,21% dengan proporsi terpilih 23% : 77%.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:23
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:23
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22777

    Actions (login required)

    View Item