UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, Efektifitas Sistem Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan WPOP di KPP Pratama Semarang Barat

SATRIA, PAMUNGKAS (2017) Analisis Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, Efektifitas Sistem Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan WPOP di KPP Pratama Semarang Barat. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Sumber penerimaan Negara Indonesia berasal dari bermacam-macam sektor, seperti yang kita ketahui diantaranya yaitu dari sektor internal dan juga dari sektor eksternal. Salah satu sumber penerimaan negara dari sektor internal yaitu dari pungutan pajak, sedangkan penerimaan yang kedua yaitu dari pinjaman luar negeri yang termasuk ke dalam penerimaan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1) Pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, 2) Pengaruh pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, 3) Pengaruh efektifitas sistem perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, 4) Pengaruh pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak, dan 5) Pengaruh sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Semarang Barat. Berdasarkan data dari KPP Pratama Semarang Barat tahun 2016 terdapat 78.775 wajib pajak orang pribadi. Dari hasil perhitungan rumus slovin, didapatkan sampel sebanyak 100 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang didalamnya terdapat uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 1) Kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, 2) Pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, 3) Efektifitas sistem perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, 4) Pelayanan fiskus berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan 5) Sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Semarang Barat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:24
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:24
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22795

    Actions (login required)

    View Item