UDiNus Repository

Pengaruh Penerimaan Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Reklame Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jepara

LIDYA, ANGGASARI EKA (2017) Pengaruh Penerimaan Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Reklame Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jepara. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3716b) | Preview

    Abstract

    Sumber penerimaan Negara untuk membiayai pembangunan nasional dan pengeluaran pemerintah salah satunya berupa pajak. Pajak hotel, pajak restoran dan pajak reklame merupakan pajak daerah yang potensial dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Semakin meningkatnya pendapatan asli daerah maka pembangunan daerah akan terlaksana dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerimaan pajak hotel, pajak restoran dan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Jepara. Sampel dalam penelitian ini adalah realisasi penerimaan pajak hotel, pajak restoran dan pajak reklame dari tahun 2013-2015. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi yaitu mengumpulkan data dari kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jepara. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.Berdasarkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa variabel pajak hotel, pajak restoran dan pajak reklame secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) menujukkan bahwa variabel pajak hotel dan pajak reklame tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Jepara. Sedangkan variabel pajak restoran berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Jepara.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:24
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:24
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22805

    Actions (login required)

    View Item