UDiNus Repository

Pengaruh Kinerja Sosial dan Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Terdaftar di BEI (tahun 2013-2015)

MELATI, UPSANINGRUM (2017) Pengaruh Kinerja Sosial dan Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Terdaftar di BEI (tahun 2013-2015). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3850b) | Preview

    Abstract

    Banyaknya tuntutan dan harapan masyarakat tentang peran perusahaan dalam masyarakat salah satunya dikarenakan rangkaian tragedi lingkungan dan kemanusiaan. Tragedi tersebut membuktikan bahwa kurangnya tanggungjawab perusahaan terhadap aktivitasnya sehingga hanya berorientasi pada memaksimalkan laba dan mengabaikan dampak lingkungan maupun sosial. Oleh karena itu, diperlukan peraturan khusus untuk mengatasi masalah pengelolaan lingkungan hidup, dan bersedia menyajikan laporan yang dapat mengungkapkan bagaimana kontribusi mereka terhadap berbagai permasalahan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh dari kinerja sosial terhadap kinerja keuangan menggunakan proper dan 2) pengaruh dari kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan menggunakan GRI. Sampel yang digunakan sejumlah 60 perusahaan yang melaporkan CSR dari tahun 2013 sampai 2015 berturut-turut yang terdaftar di BEI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling dan alat analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kinerja sosial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. (2) Kinerja lingkungan berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:25
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22809

    Actions (login required)

    View Item