UDiNus Repository

Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Terhadap Kualitas Laba dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderating

SINTA, MAIKASARI (2017) Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Terhadap Kualitas Laba dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderating. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perusahaan akan memiliki komitmen tanggung jawab sosial melalui mekanisme corporate governance yang dapat menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Dengan demikian, mekanisme corporate governance yang baik dalam perusahaan dapat memperkuat hubungan antara CSR dengan kualitas laba yang diproksikan dengan manajemen laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: (1) pengaruh CSR dengan kualitas laba, (2) pengaruh komisaris independen terhadap hubungan antara CSR dengan kualitas laba, (3) pengaruh komite audit terhadap hubungan antara CSR dengan kualitas laba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi laporan keuangan dan laporan tahunan yang dikeluarkan perusahaan. Semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2014 merupakan populasi dari penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 471 perusahaan selama 3 tahun dengan jumlah 81 perusahaan sebagai sampel akhir. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana dan uji residual yang diawali dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kualitas laba. Komisaris independen sebagai variabel moderating dapat mempengaruhi hubungan CSR dengan kualitas laba. Sedangkan komite audit tidak mampu secara signifikan memoderasi pengaruh CSR terhadap kualitas laba.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:25
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22810

    Actions (login required)

    View Item