UDiNus Repository

Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Komisaris Independen dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2012-2016)

JESSICA, UTOMO GIEA (2017) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Komisaris Independen dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2012-2016). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3924b) | Preview

    Abstract

    Pendapatan suatu Negara berasal dari berbagai sektor, salah satunya berasal dari sektor pajak. Lebih dari 70 % pengeluaran Negara dibiayai oleh pajak. Pendapatan pajak sangat penting digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Sumber penerimaan pajak berasal dari wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan. Di Indonesia telah banyak perusahaan yang tergolong sebagai wajib pajak badan dari berbagai sektor industri, salah satunya adalah perusahaan manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR, profitabilitas, leverage, komisaris independen dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur. Populasi yang digunakan mencakup perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 - 2016, sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian 200 sampel. Berdasarkan pada hasil analisis regresi logistik dengan program SPSS 20.0 ditemukan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Akan tetapi variabel CSR, leverage, dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:26
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22834

    Actions (login required)

    View Item