UDiNus Repository

Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Pelaporan Sustainability Report Menggunakan Panduan Global Reporting Initiative pada Bank BNI Periode 2015

SHOLHAN, IMRON (2017) Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Pelaporan Sustainability Report Menggunakan Panduan Global Reporting Initiative pada Bank BNI Periode 2015. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini menganalisis pengungkapan alokasi dana Corporate Social Responsibility dan pelaporan laporan keberlanjutan menurut Global Reporting Initiative (GRI-G4) pada Bank BNI tahun 2015. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keberlanjutan, laporan tahunan, laporan keuangan serta panduan global reporting initiative (GRI-G4). Analisis dilakukan terhadap penyajian kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, kinerja sosial yaitu sub-kategori praktik ketenagakerjaan dan kenyamanan bekerja, hak asasi manusia, masyarakat, dan tanggung jawab atas produk. Hasil analisisnya bahwa kinerja ekonomi memperoleh 55,56% dengan mengungkapkan 5 indikator, kinerja lingkungan 11,76% dengan mengungkapkan 4 indikator, kinerja sosial dalam sub-kategori praktik ketenagakerjaan dan kenyamanan bekerja memperoleh 37,5% dengan mengungkapkan 6 indikator, hak asasi manusia memperoleh 16,67% dengan mengungkapkan 2 indikator, masyarakat memperoleh 27,27% dengan mengungkapkan 3 indikator, dan tanggung jawab atas produk memperoleh 22,22% dengan mengungkapkan 2 indikator. Pengungkapan GRI G4 Bank BNI mengalami penurunan, tahun 2014 mengungkapkan 26,37% sedangkan tahun 2015 hanya mengungkapkan 24,17%. Namun, alokasi anggaran untuk dana CSR tahun 2015 mengalami peningkatan sehingga berdampak pada laba komprehensif perusahaan tahun 2015 yang mengalami peningkatan. Bank BNI tidak mengungkapkan secara keseluruhan laporan keberlanjutan karena yang diungkapkan merupakan isu-isu yang dianggap relevan dan material dengan bidang usaha BNI. Tetapi keberadaan BNI sudah membantu masyarakat dengan konsisten melakukan program CSR setiap tahunnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:27
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22852

    Actions (login required)

    View Item