UDiNus Repository

Pengaruh Partisipasi Anggaran,Budget Emphasis,Locus of Control Terhadap Slack Anggaran (Studi Kasus Pada Restoran Makanan di Kota Semarang)

AYU, PERMATASARI CHANDRA (2017) Pengaruh Partisipasi Anggaran,Budget Emphasis,Locus of Control Terhadap Slack Anggaran (Studi Kasus Pada Restoran Makanan di Kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Anggaran merupakan alat yang penting untuk perencanaan dan pengendalian jangka pendek yang efektif dalam organisasi. Dalam penyusunan anggaran harus diperhatikan pihak yang berpartisipasi dalam penyusunan anggaran tersebut. Sama halnya dengan budget emphasis yang melakukan penekanan anggaran guna meningkatkan kemungkinan terjadi dalam standar kinerja, sedangkan locus of control merupakan persepsi yang dimiliki diri seseorang untuk menjalankan proses penyusunan anggaran dalam mencapai sasaran anggaran. Dimana secara bersama- sama akan menciptakan slack anggaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap slack anggaran, (2) mengetahui pengaruh budget emphasis terhadap slack anggaran dan (3) mengetahui pengaruh locus of control terhadap budget slack. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar slack anggaran yang dapat dipengaruhi oleh partisipasi anggaran, budget emphasis, locus of control. Penelitian ini dilakukan di restoran di Kota Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang disebarkan kepada 33 responden terdiri dari manajer menengah dan supervisor. Data yang diuji dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS versi 16. Hasilnya menunjukkan bahwa secara bersama partisipasi anggaran, budget emphasis, locus of control berpengaruh terhadap slack anggaran. Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, budget emphasis, locus of control berpengaruh terhadap slack anggaran.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:27
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22855

    Actions (login required)

    View Item