UDiNus Repository

Analisa Pengendalian Intern Piutang Usaha Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih (Bad Debt) pada PT. Indomobil Finance Indonesia Cabang Semarang

DYAH, SUSILOWATI AYU (2017) Analisa Pengendalian Intern Piutang Usaha Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih (Bad Debt) pada PT. Indomobil Finance Indonesia Cabang Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3762b) | Preview

    Abstract

    Banyak perusahaan memilih untuk melakukan penjualan secara kredit, karena lebih menarik bagi para konsumen yang membeli. Namun penjualan secara kredit mempunyai banyak resiko, di antaranya adanya piutang tak tertagih. Oleh karena itu manajemen atau perusahaan sangat memerlukan pengendalian intern terhadap piutang usaha agar resiko piutang dapat diminimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengendalian intern piutang usaha yang diterapkan PT. Indomobil Finance Indonesia (IMFI) agar jumlah piutang tak tertagihnya dapat diminimalkan sekecil mungkin dan (2) tingkat perputaran piutang usaha pada PT. Indomobil Finance Indonesia (IMFI). Objek penelitian ini adalah PT. Indomobil Finance Indonesia Cabang Semarang yang beralamat di Jl. M.H Thamrin No.69A Semarang. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dan jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diperoleh simpulan bahwa pengendalian intern piutang usaha untuk meminimalkan piutang tak tertagih (bad debt) yang diterapkan oleh PT. Indomobil Finance Indonesia Cabang Semarang sudah berjalan efektif dan memadai meskipun tingkat piutang tak tertagihnya menunjukan kelemahan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:27
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22862

    Actions (login required)

    View Item