UDiNus Repository

Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Profitabilitas Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Periode 2012-2015)

AMBARSARI, (2017) Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Profitabilitas Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Periode 2012-2015). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3891b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan terhadap profitabilitas perbankan. Kinerja keuangan meliputi CAR (Capital Adequacy Ratio), NIM (Net Interest Margin), BOPO (Biaya Operasional/Pendapatan Operasional), LDR (Loan to Deposit Ratio), NPL (Non Performing Loan). Populasi pada obyek penelitian ini adalah seluruh bank umum di Indonesia yang terdiri dari bank go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2015. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 Bank. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan alat uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Melalui hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) pada bank umum go public menunjukkan bahwa variabel NIM dan NPL berpengaruh terhadap Profitabilitas perbankan. Sedangkan CAR, BOPO, LDR tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas perbankan. Nilai adjusted R² dalam model regresi bank go public diperoleh sebesar 0,412. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen CAR, NIM, BOPO, LDR, dan NPL terhadap variabel dependen Profitabilitas sebesar 41,2%, sedangkan sisanya sebesar 58,8 % dijelaskan oleh faktor lain.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:27
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22866

    Actions (login required)

    View Item