UDiNus Repository

Pengaruh Independensi, Kompetensi dan Integritas Terhadap Pemberian Opini Audit (SurveyPada Kantor Akuntan Publik Kota Semarang)

IKE, APRIYANTI (2017) Pengaruh Independensi, Kompetensi dan Integritas Terhadap Pemberian Opini Audit (SurveyPada Kantor Akuntan Publik Kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Independensi, kompetensi dan integritas sangat mempengaruhi pemberian opini audit yang berhubungan dengan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan merupakan hasil akhir selama periode tertentu dari kegiatan yang dilakukan perusahaan yang bertujuan sebagai pertanggungjawaban kegiatan perusahaan terhadap pemilik dan informasi tentang posisi keuangan perusahaan yang telah dicapai perusahaan. Tentunya perusahaan membutuhkan pihak lain untuk memberi jaminan bahwa laporan keuangan relevan dan dapat dipercaya untuk itu. Seorang auditor atau yang sering disebut akuntan berkesempatan dibidangnya. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk menganalisis pengaruh antara independensi terhadap pemberian opini audit, untuk menganalisis pengaruh antara kompetensi terhadap pemberian opini audit, dan untuk menganalisis pengaruh antara integritas terhadap pemberian opini audit.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah auditor yang terdaftar di KAP I.Soetikno, KAP Drs. Sugeng Pamudji, dan KAP Riza, Adi, Syahril dan rekan dengan jumlah total 35 responden, yang kemudian di uji menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis berupa uji F dan uji T. Berdasarkan hasil uji dalam penelitian ini didapatkan bahwa secara simultan maupun secara parsial, variabel independensi, kompetensi dan integritas berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini auditor karena memiliki nilai signifikansi < 0,05. Auditor yang memiliki prinsip independensi, kompetensi dan integritas yang tinggi akan memberikan keputusan opini audit yang benar.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:27
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22868

    Actions (login required)

    View Item