UDiNus Repository

Analisis Break Even Point pada UMKM PAZ's Bio Fertilizer (Studi Kasus pada UMKM Pupuk PAZ's Bio Fertilizer di Jawa Timur)

AISYAH, ENDRIYANI (2017) Analisis Break Even Point pada UMKM PAZ's Bio Fertilizer (Studi Kasus pada UMKM Pupuk PAZ's Bio Fertilizer di Jawa Timur). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan perusahaan adalah untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Besar kecilnya laba yang diperoleh sering menjadi sebuah ukuran sukses atau tidaknya manajemen perusahaan. Untuk itu diperlukan alat analisis yang mampu memberikan informasi pengenai perencanaan penjualan,yaitu analisis Break Even Point yang sering disebut Titik Impas. UMKM pupuk PAZ's Bio Fertilizer adalah salah satu home industrie yang bergerak di bidang pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat analisis BEP dalam merencanakan dan jumlah margin pengaman yang dialami dan di capai oleh UMKM Pupuk PAZ's Bio Fertilizer pada tahun 2016. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu laporan produksi dan non produksi UMKM, harga produk, volume penjualan, biaya aktual baik operasional maupun non operasional. Hasil penelitian dalam analisis break even point pada UMKM Pupuk PAZ's Bio Fertilizer sudah mampu mengoptimalkan kinerjanya dengan baik sehingga sudah memperoleh penjualan di atas break even point 4.555 unit pupuk per tahun dengan total penjualan Rp.579.159.800, apabila UMKM mampu diatas BEP maka UMKM mampu untuk mencapai keuntungan disetiap tahunnya. Sebaiknya pada perhitungan penyusutan di UMKM Pupuk PAZ's Bio Fertilizer menggunakan aturan yang sesuai dengan standar akuntansi sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.03/2009.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:27
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22869

    Actions (login required)

    View Item