UDiNus Repository

Pengaruh Laba, Arus Kas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial terhadap Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2015

KARLINA, DEWI KURNIA (2017) Pengaruh Laba, Arus Kas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial terhadap Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2015. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3938b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan atas dasar terjadinya fenomena kebangkrutan dari perusahaan-perusahaan besar di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya financial distress pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010 sampai dengan 2015.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Variabel terikat dari penelitian adalah financial distress sementara variabel bebas penelitian terdiri dari return on assets, arus kas, current ratio, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis penelitian membuktikan bahwa secara simultan seluruh variabel bebas terbukti berpengaruh terhadap financial distress. Sementara hasil uji parsial membuktikan bahwa hanya variabel ROA yang berpengaruh terhadap financial distress. Sementara itu variabel arus kas, CR, DER, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap financial distress. Besaran kontribusi seluruh variabel bebas penelitian hanya sebesar 30,1% sehingga disarankan untuk penelitian mendatang agar menentukan variabel bebas lain yang dapat mempengaruhi financial distress.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:27
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22877

    Actions (login required)

    View Item