DWI, ROHMAN NOOR (2017) Dampak Kualitas Produk, Kesadaran Merek, Citra Merek, Kepercayaan Konsumen pada Keputusan Pembelian Laptop Merek Apple di Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Di Indonesia banyak beredar laptop dengan berbagai merek, seperti Acer, Toshiba, HP, Apple, Dell, Asus dan Lenovo dan sebagainya yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta memiliki peminat sendiri. Berdasarkan market share tahun 2014-2016, semua merek terjadi fluktuasi (naik turun), namun demikian merek Apple dari tahun 2014-2016 terus mengalami penurunan dari 7,4% tahun 2014 menjadi 5,2% tahun 2015 bahkan lebih rendah dan terbawah yaitu 3,3% tahun 2016. Hal ini menunjukkan minat konsumen terhadap Apple juga rendah. Banyak faktor dapat mempengaruhi keputusan pembelian Laptop Apple, seperti kualitas produk, kesadaran merek, citra merek dan kepercayaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, kesadaran merek, citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian Laptop Merek Apple di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian laptop merek Apple di Story-i, kota Semarang dan sampel yang diambil 100 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non acak jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk, kesadaran merek, citra merek dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Actions (login required)