UDiNus Repository

CSR sebagai Variabel Intervening dalam peningkatan Nilai Perusahaan melalui Firm Size, Likuiditas dan Solvabilitas pada studi Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015

CINDY, ROZA FEBRINA (2017) CSR sebagai Variabel Intervening dalam peningkatan Nilai Perusahaan melalui Firm Size, Likuiditas dan Solvabilitas pada studi Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4058b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh firm size yang diukur dengan (SIZE), likuiditas yang diukur dengan (CR) dan solvabilitas yang diukur dengan (DER) terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan (PBV), serta untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility yang diukur dengan (CSR) sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa Indonesia Capital Market Directory (ICMD), Indonesia Stock Exchange (IDX), dan annual report yang telah dipublikasi oleh BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel diperoleh sebanyak 119 perusahaan. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis data program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate social responsibility. Likuiditas dan solvabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap corporate social responsibility, firm size tidak berpenagruh terhadap nilai perusahaan, likuditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan firm size, likuiditas dan solvabilitas terhadap nilai perusahaan melalui corporate social responsibility tidak terbukti menjadi variabel intervening.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:28
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22903

    Actions (login required)

    View Item