UDiNus Repository

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Semarang Barat)

SORAYA, MARDARETHA APRILIANI (2017) Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Semarang Barat). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3801b) | Preview

    Abstract

    Di Indonesia pajak merupakan pendapatan terbesar karena pemerintah saat ini mengandalkan pajak untuk membiayai pembangunan nasional di negara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran membayar pajak, pengetahuan peraturan perpajakan, pemahaman peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, dan kualitas layanan terhadap kemauan membayar pajak. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden wajib pajak KPP Pratama Semarang Barat di Kota Semarang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran membayar pajak, pengetahuan peraturan perpajakan, pemahaman peraturan perpajakan, dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, sedangkan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak dan secara simultan kesadaran membayar pajak, pengetahuan peraturan perpajakan, pemahaman peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:30
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22939

    Actions (login required)

    View Item