UDiNus Repository

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016

RIHATIN, LISTYORINI (2017) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3891b) | Preview

    Abstract

    Perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) selalu dihadapkan pada permasalahan penentu kebijakan dividen, apakah manajemen mengambil keputusan dengan membagikan laba kepada pemegang saham sebagai dividen atau manajemen akan menahan dalam bentuk laba ditahan untuk investasi dimasa yang akan datang. Kebijakan dividen adalah laba yang diperoleh dari perusahaan selama satu periode yang akan dibagikan sebagian untuk dividen dan sebagian untuk dibagi dalam laba ditahan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on asset, cash ratio, current ratio, debt to equity ratio, growth, dan firm size terhadap kebijakan dividen. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berbentuk kuantitatif yang berasal dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoensia tahun 2013-2016 diperoleh sampel sebanyak 32 perusahaan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menggunakan uji regresi linier berganda, menunjukkan bahwa return on asset, cash ratio, current ratio, growth, firm size berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, dan debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:30
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22942

    Actions (login required)

    View Item