UDiNus Repository

Pengaruh Penerapan E-filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batang

DWI, RACHMAWATI (2017) Pengaruh Penerapan E-filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3743b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini menganalisis pengaruh penerapan e-filing, tingkat pemahaman perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Batang. Variabel penelitian ini yaitu variabel independen meliputi penerapan e-filing, tingkat pemahaman perpajakkan dan kesadaran wajib pajak, variabel dependen adalah kepatuhan wajib pajak. Metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode survey. Teknik sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Metode ini mengambil sampel secara kebetulan bertemu dengan peneliti yang dianggap cocok dengan karakteristik sampel yang ditentukan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan e-filing memiliki pengaruh signifikan kepada kepatuhan wajib pajak, tingkat pemahaman perpajakan mempunyai pengaruh signifikan oleh kepatuhan wajib pajak serta kesadaran wajib pajak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Dengan adanya pengaruh signifikan dengan arah positif, artinya jika penerapan e-filing, tingkat pemahaman perpajakan dan kesadaran wajib pajak tinggi maka akan tinggi pula kepatuhan wajib pajaknya dan sebalikya jika penerapan e-filing, tingkat pemahaman perpajakan dan kesadaran wajib pajak rendah maka akan rendah pula kepatuhan wajib pajaknya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:31
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22959

    Actions (login required)

    View Item