UDiNus Repository

Deplesi Aset Biologis Pada UMKM Peternak Itik Petelur (Studi Kasus pada UMKM Peternak Itik Petelur `BILQIS` di Kota Tegal)

SYLVIA, MAHARANI (2017) Deplesi Aset Biologis Pada UMKM Peternak Itik Petelur (Studi Kasus pada UMKM Peternak Itik Petelur `BILQIS` di Kota Tegal). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3952b) | Preview

    Abstract

    Aset biologis merupakan tanaman dan hewan yang mengalami transformasi.Aset biogis mempunyai empat tahap dan mengalami transformasi, yaitu peningkatan kuantitas, penurunan kuantitas, penciptaan, produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi aset biologisp ada UMKM Itik Petelur "BILQIS" dan bagaimana perhitungan deplesi atas aset biologis pada UMKM Peternak Itik Petelur "BILQIS" yang ada di Kota Tegal. International Accounting Standarts (IAS) 41;Agriculture mengatur perlakuan akuntansi untuk aset biologis selama periode peningkatan kuantitas, penurunan kuantitas, penciptaan, produksi, dan pengukuran awal hasil pertanian pada titik panen. Sehingga membutuhkan pengukuran pada nilai wajar dikurangi estimasi biaya penjualan. PSAK 69 : Agriculture memberikan pengaturan akuntansi yang meliputi pengakuan, pengukuran dari aktivitas agriculture. Hasil dari penelitian yang dilakukan di UMKM Itik Petelur "BILQIS" di Kota Tegal menunjukan bahwa perlakuan akuntansi atas aset biologis dalam pengakuan awal aset biologis mengakui sebesar harga perolehan 154.390.000 ( harga pembelian bibit itik, makanan, fasilitas ) dan pada bulan Desember produktivitas itik kurang dari 50% sehingga perusahaan menjual semua itik yang tidak produktif dan membeli itik bayah dengan harga perolehan 95.945.000 dan mengalami penyusutan dari produksi telur yang dihasilkan setiap tahunnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:31
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22960

    Actions (login required)

    View Item