UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, ROA, Ukuran KAP, dan Opini Auditor Terhadap Audit Delay pada Perusahaan Tambang yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016

DHIMAS, PUTRA ALFIAN (2017) Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, ROA, Ukuran KAP, dan Opini Auditor Terhadap Audit Delay pada Perusahaan Tambang yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3852b) | Preview

    Abstract

    Latar belakang penelitian terjadi karena masih banyaknya perusahaan dipasar modal yang belum menaati peraturan OJK tentang waktu pelaporan laporan keuangan audit, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor apa saja yang mempengaruhi audit delay, diantaranya ialah Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, ROA, Ukuran KAP, dan Opini Auditor. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan tambang yang berada di BEI tahun 2013-2016. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel bertujuan, yaitu peneliti kemungkinan mempunyai tujuan atau target tertentu dalam memilih sampel secara tidak acak. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, ukuran KAP dan opini auditor tidak berpengaruh terhadap audit delay perusahaan tambang tahun 2013-2016, sedangkan ROA (Return On Asset) berpengaruh signifikan terhadap audit delay perusahaan tambang tahun 2013-2016. Penelitian ini memberikan pandangan akan arti pentingnya audit delay sehinggan perusahaan tidak terkena sanksi administratif atau terkena banned dari pihak BEI (Bursa Efek Indonesia).

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:31
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22963

    Actions (login required)

    View Item