UDiNus Repository

Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Faktor Faktor yang Mempengaruhi Etika Penggelapan Pajak (Studi Kasus Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang)

ATIYASA, PRAKOSO (2017) Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Faktor Faktor yang Mempengaruhi Etika Penggelapan Pajak (Studi Kasus Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3854b) | Preview

    Abstract

    Pajak merupakan iuran wajib bagi seluruh rakyat yang diharuskan dibayarkan kepada kas Negara menurut ketentuan undang-undang yang berlaku sehingga dapat dipaksakan dan tanpa adanya timbal balik secara langsung yang digunakan untuk membiayai pengeluaran umum atau Negara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi etika penggelapan pajak (studi pada mahasiswa akuntansi feb universitas dian nuswantoro semarang). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Adapun sample dalam penelitian ini meliputi mahasiswa S1 Akuntansi semester terakhir di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik judgement sampel dan purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan criteria tertentu. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gender tidak berpengaruh terhadap penggelapan pajak. Religiusitas mempunyai pengaruh terhadap penggelapan pajak. Love of Money mempunyai pengaruh terhadap penggelapan pajak. Semakin tinggi atau rendahnya Love of Money dapat digunakan untuk memprediksi tinggi rendahnya tindakan penggelapan pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:31
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22970

    Actions (login required)

    View Item