UDiNus Repository

ANALISIS DETEKSI TEPI BERBASIS METODE SOBEL DAN PREWITT UNTUK PENINGKATAN KUALITAS CITRA PLAT NOMOR KENDARAAN UNTUK MENGURANGI TINGKAT PENCURIAN

IMAM, ALI AMIRUDDIN (2017) ANALISIS DETEKSI TEPI BERBASIS METODE SOBEL DAN PREWITT UNTUK PENINGKATAN KUALITAS CITRA PLAT NOMOR KENDARAAN UNTUK MENGURANGI TINGKAT PENCURIAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3784b) | Preview

    Abstract

    Operasi pengolahan citra adalah operasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain. Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut:Peningkatan Kualitas Citra (Image Encachement) dan Pemulihan Citra (Image Restoration). Pada proses Image Enhacement ,kulitas citra dari derau/noise diperbaiki sehingga mudah di intrepertasikan oleh manusia ataupun mesin.Salah satu contoh dari noise adalah citra kabur (blur). Untuk menangani masalah diatas maka penulis mengimplementasikan algoritma Sobel untuk mendeteksi tepi dari sebuah citra yang blur sehingga dapat diidentifikasi kembali. Langkah – langkah Algoritma Sobel adalah konversi citra true color ke grayscale, sobel x, sobel y,Gradient magnitude, lalu perhitungan MSE dan PSNR. Dari perhitungan MSE dan PSNR dapat kita simpulkan bahwa algoritma Sobel menghasilkan MSE dan PSNR yang berbeda – beda untuk setiap kasus, dimana tingkat MSE dan PSNR digunakan untuk mengukur kualitas citra.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:38
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23010

    Actions (login required)

    View Item