UDiNus Repository

Identifikasi Kepribadian Siswa Menengah Atas Menggunakan Backward Chaning

OVI, ANDARI RESTU (2017) Identifikasi Kepribadian Siswa Menengah Atas Menggunakan Backward Chaning. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3709b) | Preview

    Abstract

    Kepribadian setiap manusia sangatlah berbeda-beda, dengan mengatahui cara membaca kepribadian diri sendiri dapat membantu dalam mengetahui kekurangan, kelebihan, bakat, minat bahkan potensi yang dimiliki dalam mengembangkan atau melanjutkan studi yang lebih tinggi dengan mudah. Selain itu, kepribadian juga sangatlah penting untuk diketahui dalam masing-masing orang, terutama pada anak sekolah digunakan sebagai dasar dalam melakukan sosialisasi dengan teman dan guru, mengikuti organisasi ataupun ekstrakulikuler dan mengetahui cara belajar yang sesuai pada masing-masing siswa. Tes MBTI (Myers Briggs Type Indicator) merupakan tes untuk mengetahui sifat dengan memiliki 16 tipe kepribadian. Salah satu metode untuk mengetahui sifat pada tes MBTI pada sistem pakar dengan menggunakan metode backward chaining. Untuk pernyataan tes MBTI ini terdapat 20 pernyataan yang masing-masing 4 dimensi terdapat 5 pernyataan yang berlawanan. Jumlah minimal untuk mendapatkan tipe kepribadian pada masing-masing dimensi ini bisa meningkat apabila semakin banyak pernyataan maka semakin banyak pula jumlah minimal untuk mendapatkan tipe kepribadian. Akurasi yang dimiliki oleh sistem pakar ini sebanyak 80%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:39
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23026

    Actions (login required)

    View Item